Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Kembali Menguat

Kompas.com - 25/03/2011, 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat pagi, menguat enam poin menjadi Rp 8.705 per dollar AS dibanding pada hari sebelumnya Rp 8.711.

Pengamat valas Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta mengatakan, nilai tukar rupiah dibuka naik dengan kecenderungan terbatas mengikuti penguatan mata uang Asia jenis lainnya. "Penguatan juga terjadi pada sebagian bursa Asia, termasuk IHSG," kata dia.

  Ia memprediksi, pada Jumat ini mata uang rupiah ada tren penguatan terhadap mata uang dollar AS ke kisaran Rp 8.720 per dollar AS. Turunnya harga minyak akan membantu sentimen penguatan di pasar Asia termasuk rupiah. "Kami perkirakan rupiah akan menguat cukup lumayan ke kisaran Rp 8.700-Rp 8.720 per dollar AS pada perdagangan hari ini," kata dia.

Sementara pengamat pasar uang PT Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk (SDRA) Rully Nova menambahkan, mata uang rupiah yang mengalami reli penguatan selama lima hari diprediksi akan membuat investor pada Jumat ini agak cenderung jenuh.

"Investor pasar uang terlihat sedang jenuh, perdagangan kurang ramai karena sampai saat ini belum ada sentimen positif yang kembali melanjutkan penguatan rupiah terhadap dollar AS. Pasar masih perlu menstimulus untuk menggerakkan pasar uang di dalam negeri," ujar dia.

Ia menambahkan, dari dalam negeri sentimen positif juga belum signifikan, dana asing yang masuk ke dalam negeri belum menandakan perubahan atau stagnan, kendati inflasi pada bulan ini diekspektasikan masih terjaga. "Dana asing belum ada perubahan, mereka masih menahan dananya kendati inflasi bulan ini diekspektasikan terjaga," ucap Rully.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com